Detail Berita

Layanan Dokter Spesialis Bedah Orthopedi RSUD Blambangan

By Virnanda Virgoriani 06 Mar 2019, 08:11:11 WIB - Kategori: Berita


Layanan Dokter Spesialis Bedah Orthopedi RSUD Blambangan

RSUD Blambangan Banyuwangi memiliki layanan spesialis Bedah Orthopedi yang menangani pasien dengan patah tulang, kelainan sendi, kelainan tulang belakang, pain management, penggantian sendi dan teropong sendi. Layanan Bedah Orthopedi RSUD Blambangan buka setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Untuk menunjang layanan di Poli Bedah Orthopedi, di RSUD Blambangan Banyuwangi juga sudah dilengkapi dengan Atroscopy Sendi, USG Pain Management Gaiding Injection. Dokter yang menangani di Poli Bedah Orthopedi RSUD Blambangan Banyuwangi yakni dr. Ananta Naufal Habibi, Sp.OT

Ananta menjelaskan tentang penyakit yang sulit dan pernah ditangani di poli orthopedi adalah penyakit degeneratif  pada usia lanjut. Nyeri pada penyakit degeneratif disebabkan oleh penekanan pada syaraf akibat proses penuaan, proses penuaan diskus yang menjadi bantalan antar tulang. Kandungan air yang ada dalam diskus menurun sehingga kekenyalan bantalan berkurang.

Hal tersebut membuat jarak antar tulang menyempit karena ketinggian diskus berkurang. Dapat juga dikarenakan cincin yang menjaga diskus robek, sehingga sebagian diskus menonjol ke belakang dan menekan syaraf, sehingga menimbulkan rasa sakit saat membungkuk. Struktur ini tidak stabil dan menimbulkan rasa nyeri, tubuh pun membentuk tulang tambahan (osteofit) untuk menstabilkan.

Osteofit tersebut dapat menekan cabang syaraf yang keluar dari tulang belakang. Apabila cabang syaraf tertekan maka nyeri yang dirasakan menjadi menjalar ke kaki dan terasa panas atau kesemutan.

Kendala yang dialami ada dua yaitu masalah administrasi dan masalah klinis. Untuk masalah administrasi yaitu masalah beberapa peraturan dari ansuransi kesehatan. Sedangkan untuk masalah klinis yaitu ada beberapa alat yang masih belum lengkap. Kendala yang lain yakni ketika ada kasus-kasus komplikasi, masih ada keluarga pasien yang lebih suka ke alternative dulu. Sehingga saat jalan alternative tersebut dirasa tidak membawa keberhasilan, ataupun keadaan sudah parah, barulah dibawa ke rumah sakit.

Harapan kedepan untuk poli orthopedi tentunya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan menyeluruh, sehingga dapat menjadi rumah sakit rujukan terbaik.(*)



BERITA TERKAIT: