Detail Berita

Isi Piringku Sebagai Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

By Virnanda Virgoriani 12 Feb 2019, 11:56:09 WIB - Kategori: Berita


Isi Piringku Sebagai Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna

Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari tahun 2019 ini mengangkat tema “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” membuat Tim Instalasi Gizi RSUD Blambangan lebih giat lagi memberikan pelayanan dan konseling gizi kepada pasien yang menjalani rawat inap maupun rawat jalan di RSUD Blambangan Banyuwangi.

        Seperti yang kita ketahui bersama, bagi pasien-pasien yang menjalani rawat inap, bukan hanya terapi obat-obatan yang membantu penyembuhan sakit yang pasien derita, melainkan pasien juga butuh asupan gizi yang sesuai untuk membantu proses penyembuhan.

Sedangkan bagi pasien-pasien rawat jalan yang ingin melakukan konsultasi gizi seimbang, sekarang ini Kementrian Kesehatan sedang mengampanyekan slogan isi piringku sebagai pedoman konsumsi makanan sehari-hari untuk memenuhi gizi seimbang.

Menurut Lita (Ahli Gizi RSUD Blambangan Banyuwangi) Isi piringku setiap kali kita makan terdiri dari :

1.   2/3 dari ½ piring adalah makanan pokok sumber karbohidrat sesuai dengan keadaan tempat  serta kearifan lokal, misalnya beras, jagung, singkong, sagu dan produk olahan (roti, mie)      

2.   1/3 dari ½ piring adalah lauk pauk sumber protein hewani dari daging, unggas, ikan , telur dan susu serta protein nabati dari tahu, tempe dan kacang-kacangan

3.   2/3 dari ½ piring adalah sayur-sayuran sumber vitamin dan mineral   terutama karoten, vit A, vit C, zat besi dan fosfor . vitamin dan mineral berperan sebagai anti oksidan

4.   1/3 dari ½ piring adalah buah-buahan sumber vitamin dan mineral sebagai anti oksidandan serat pangan

Selain isi piringku tersebut, Hal lain yang harus diperhatikan, menurut lita yakni yang pertama membatasi pemakaian gula maksimal 4 sdm ,garam 1 sdt dan minyak goreng 5 sdm per hari, kedua mengikuti pola makan dengan prinsip gizi seimbang, ketiga minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari , keempat melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari sesuai dengan usia, kelima melakukan cuci tangan memakai sabun sebelum makan, keenam mengukur tinggi dan berat badan untuk dapat memantau tinggi badan dan berat badan ideal.

Bagi anak anak, penerapan isi piringku dalam makanan sehari harinya akan membuat anak tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal, terhindar dari stunting dan obesitas yang menjadi penghambat tumbuh kembang. Bila sejak dini anak dipersiapkan menjadi generasi maju yang ditandai dengan kecerdasan, kesehatan dan produktifitas maka di masa depan anak tidak beperawakan pendek, terhindar dari resiko penyakit degeneratif, sehingga berusia panjang dan semakin produktif .

Untuk informasi lebih lanjut silakan konsultasi ke Poli Gizi RSUD Blambangan. Hari dan Jam buka Praktek Senin s/d Kamis pukul 07.00-11.30 WIB, Jumat pukul 07.00-10.00 WIB dan Sabtu pukul 07.00-10.30 WIB.(*)




BERITA TERKAIT: