Detail Berita

SUKSES OPERASI TULANG BELAKANG

By Virnanda Virgoriani 14 Sep 2018, 11:22:43 WIB - Kategori: Berita


SUKSES OPERASI TULANG BELAKANG

Pelayanan spesialis di bidang bedah syaraf merupakan salah satu layanan unggulan di RSUD Blambangan. Salah satu kasus yang ditangani kemarin (18/7) yaitu seorang pasien berinisial MY berumur 20 tahun adalah seorang yang aktif sebagai tulang punggung keluarga. Saat mengendarai sepeda motor dia harus bernasip naas karena bertabrakan dengan mobil pick up. Dia dilarikan ke IGD RSUD blambangan dan mendapatkan perawatan dari dokter. Ternyata kecelakaan yang dialami cukup parah. Menyebabkan patah tulang paha dan kedua kaki nya tidak bisa digerakkan karena terdapat patah tulang belakang daerah punggung. Daerah punggung merupakan daerah yang sangat vital karena didaerah tersebut terdapat susunan syaraf pusat tulang belakang yang menyalurkan perintah syaraf dari otak manusia kebagian tubuh gerak bawah. Oleh sebab itu semua kemampuan gerak dan kemampuan merasa tubuh bagian bawah sudah hilang sama sekali.

Pada beberapa waktu sebelumnya pasien dengan kondisi tersebut harus dirujuk ke rumah sakit jember yang secara status memiliki type yang sama dengan RSUD Blambangan. Namun karena sarana dan prasarana yang kurang memenuhi maka pasien harus dirujuk kembali. Melalui perkembangan yang terus menerus dilakukan oleh tim bedah RSUD blambangan, maka setelah berkoordinasi antara staf medis dan manajemen maka direncanakan sebuah tindakan operasi tulang belakang pertama di RSUD Blambangan Banyuwangi. Operasi tersebut menggunakan alat dan instrumen operasi yang canggih yang didatangkan langsung dari Surabaya. Persiapan pre operasi melibatkan 2 dokter ahli yang saling berkolaborasi yaitu dr Ananta Naufal Habibi Sp.OT selaku dokter spesialis Orthopaedi/Bedah Tulang dan dr Firman Adi Sanjaya Sp.BS selaku dokter spesialis bedah syaraf. Operasi yang dilakukan ini merupakan operasi yang istimewa karena dilakukan oleh 2 orang ahli sekaligus.

Pada tanggal 18 Juli 2018 dilakukan operasi tulang belakang pertama di RSUD Blambangan yang dilakukan oleh kolaborasi 2 dokter ahli. mengapa ini sangat istimewa karena pada umumnya operasi ini hanya dilakukan oleh 1 ahli saja. dengan kolaborasi ini diharapkan hasil output yang didapatkan akan sangat lebih baik. Perlu diketahui bahwa operasi tulang belakang merupakan operasi yang sangat sulit dilakukan, karena banyaknya struktur syaraf menyebabkan operasi sangat perlu dilakukan dengan teliti. Operasi tersebut memakan waktu selama 3,5 jam. dari operasi tersebut didapatkan rusaknya tulang belakang dan terjadinya penjepitan dan robekan syaraf utama tulang belakang bagian punggung. Dilakukan pembebasan syaraf yang terjepit dan stabilisasi bagian tulang belakang yg rusak menggunakan implant khusus sehingga tulang belakang lebih stabil. dilakukan juga penjahitan robekan syaraf sehingga diharapkan hasil operasi lebih optimal.

Dengan Rahmat Allah SWT, operasi pertama tulang belakang di Banyuwangi berlangsung lancer dengan perdarahan dan komplikasi yang minimal. Pasien MY juga sangat senang saat ini beberapa hari setelah operasi kaki kanan dan kiri mulai bisa merasakan sensasi sentuhan dimana pada awalnya sama sekali tidak bisa merasakan apa apa. Keluarga pasien juga sangat bersyukur karena pasien tidak harus di rujuk ke luar kota dan bisa mendapatkan pelayanan optimal bedah tulang belakang di RSUD Blambangan. Semoga dengan pengembangan yang berkelanjutan ini akan dapat menolong banyak orang yang menderita penyakit serupa di wilayah Kabupaten Banyuwangi.




BERITA TERKAIT: