Detail Berita

SEDIAKAN NICU UNTUK BAYI SAKIT

By Virnanda Virgoriani 14 Sep 2018, 12:13:51 WIB - Kategori: Berita


SEDIAKAN NICU UNTUK BAYI SAKIT

Guna melaksanakan visi RSUD Blambangan "Menjadi Rumah Sakit Andalan dan Pusat Rujukan Spesialistik di Kabupaten Banyuwangi", menyediakan ruang rawat inap khusus untuk bayi yang sakit (Ruang NICU / Neonatal Intensive Care Unit). Neonatal Intensive Care Unit adalah ruangan khusus di rumah sakit, untuk merawat bayi baru lahir sampai usia 30 hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter.

Sarana dan prasarana medis di NICU RSUD Blambangan tergolong lengkap, teknologinya pun canggih. Sehingga perawatan NICU mampu mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital yang dialami bayi baru lahir, yang disebabkan oleh kelahiran prematur kurang dari 37 minggu atau lahir dengan penyakit bawaan.

Jenis perawatan di NICU disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Contoh, perawatan NICU RSUD Blambangan Blambangan, dibagi tiga level:

·         Perawatan level l, untuk bayi sakit ringan dan tidak perlu infus.

·         Perawatan level ll, untuk bayi sakit sedang dan perlu inkubator, infus, oksigen, dan monitor jantung dan paru.

·         Perawatan level lll, untuk bayi sakit berat yang perlu penanganan dan pemantauan ketat, serta perawatan bayi prematur dengan usia kehamilan < 34 minggu atau berat badan (BB) < 510 gram.

Sedangkan untuk menunjang layanan ruang NICU 24 jam, pelayanan didukung oleh Tim Klinik yang terdiri dari dokter-dokter spesialis anak, yaitu dr. Sri Redjeki, Sp.A, dr. Rofi Budiyanto, Sp.A dan dr. Luty Dyah Prahmani, Sp.A dengan tenaga keperawatan yang terlatih siap melayani serta didukung oleh peralatan medik yang memadai.

Fasilitas-fasilitas ruang NICU antara lain inkubator (infant incubator), penghangat (infant warmer), lampu biru (blue lamp) untuk fototerapi, boks bayi (baby box), CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), Resusitasi Set, Lemari Emergency, Syringe pump, Monitor, Ruang tindakan, dan Ruang menyusui. Selain itu, untuk membantu ibu bayi mahir dalam merawat bayi, Perawat kami memberikan bekal berupa penyuluhan yang berhubungan dengan asuhan keperawatan pada bayi, memberikan pendampingan kepada ibu-ibu bayi yang mempunyai masalah dalam memberikan ASI.

RSUD Blambangan merupakan satu-satunya Rumah Sakit yang memiliki alat CPAP (Continous Positive Airway Pressure). CPAP merupakan suatu alat yang mempertahankan tekanan positif pada saluran napas neonatus selama pernapasan spontan. Keuntungan dari penggunaan CPAP ini sendiri yaitu Meningkatkan FRC, Mencegah kolaps alveolar, Meningkatkan compliance, Mempertahankan surfaktan, Mendukung jalan napas dan diafragma dan Menstimulasi pertumbuhan paru

Berdasarkan penelitian UT Southwestern Medical Center bayi prematur membutuhkan banyak oksigen dan perlu diterima dengan optimal. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa CPAP dapat menghembuskan udara dengan lembut melalui hidung bayi sehingga bisa mengembangkan paru-paru. CPAP dirasa lebih efektif dibandingkan ventilator konvensional dan terapi surfaktan.

                Dengan adanya alat dan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidangnya diharapkan sebagai Rumah Sakit rujukan RSUD Blambangan mampu memberikan pelayanan yang prima sehingga dapat langsung berperan serta meminimalkan angka kematian pada bayi.(*)



BERITA TERKAIT: