Detail Berita

SI RATU KESELAMATAN (Sistem Informasi pelapoRAn muTU dan KESELAMATAN pasien)

By nananghidayat 14 Sep 2021, 22:03:45 WIB - Kategori: Berita


SI RATU KESELAMATAN (Sistem Informasi pelapoRAn muTU dan KESELAMATAN pasien)

BANYUWANGI - Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dalam membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi pengkajian risiko, identitas dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, pelaporan indikator mutu dan keselamatan pasien.

Upaya peningkatan mutu adalah merupakan perbaikan kualitas secara terus menerus, perbaikan yang terus menerus, perbaikan kinerja di tingkan RS dan manajemen mutu total. Namun harus diakui mutu bersifat persepsi dan dipahami berbeda oleh orang yang berbeda namun ber-implikasi pada superioritas sesuatu hal. Karena itu untuk pengukuran mutu memerlukan indikator yang dapat digunakan untuk menilai mutu berbagai kondisi.

Pelaporan insiden kesalamatan pasien merupakan dasar untuk membangun sistem asuhan pasien yang lebih aman, 3 kegiatan penting adalah : 1) mendorong seluruh staf untuk melaporkan masalah keselamatan pasien, khususnya kelompok yang tingkat pelaporannya rendah. Tingkatan pelaporan yang tinggi biasa ada pada suatu rumah sakit yang lebih aman, 2) Pelaporan agar disalurkan ke tingkat nasional KKPRS untuk proses pembelajaran bersama, 3) Upaya kurangi tingkat keparahan insiden : manajer risiko harus melihat semua laporan dari kematian pada KTD sebelum dikirim ke KKPRS. Pimpinan RS harus menerima laporan dan rencana kegiatan dari semua kematian yang secara langsung berhubungan dengan IKP.

Tujuan terbentuknya Komite Mutu dan Keselamatan Pasien atau biasa disebut KMKP adalah untuk melaksanakan peningkatan mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit. Dimana dalam pelayanan rumah sakit yang diutamakan adalah “Patient Safety” yang menjadi komitmen RS.




BERITA TERKAIT: