Detail Berita

SEMERBAK INOVASI EDUKASI PERAWATAN BAYI DENGAN ASI EKSKLUSIF

By nananghidayat 12 Sep 2021, 20:08:02 WIB - Kategori: Berita


SEMERBAK INOVASI EDUKASI PERAWATAN BAYI DENGAN ASI EKSKLUSIF

BANYUWANGI - Inovasi SEMERBAK (Sistem Edukasi Merawat Bayi dengan ASI eKsklusif) merupakan program inovasi RSUD Blambangan menjadi suatu mediator sebagai sarana untuk mengedukasi, memotivasi, serta sebagai problem solving yang dihadapi ibu dalam memberikan ASI Eksklusif setelah pulang dari Rumah Sakit, yang memanfaatkan alat komunikasi berbasis android yg sedang trend di masyarakat yaitu WA (whatsapp). Setiap hari akan dishare informasi tentang ASI eksklusif sekaligus memfasilitasi ibu – ibu yang ingin berkonsultasi tentang permasalahan ASI.
Training dan mentoring kepada seluruh Ibu yang melahirkan di RSUD Blambangan ini tidak lain adalah untuk memastikan keberhasilan proses Inisiasi Menyusi Dini. Sehingga diharapkan seluruh bayi yang lahir di RSUD Blambangan bisa mendapat ASI eksklusif untuk optimalisasi tumbuh kembang generasi masa depan Banyuwangi.
Sampai dengan bulan September ini sudah terbentuk 2 grup Pejuang ASI yaitu Grup Agustus dan September. Dalam proses perbaikan bulan Agustus 2019 (Grup 1) terdapat 77 anggota grup Pejuang ASI yang berhasil dipantau dalam pemberian ASI Eksklusif yaitu 42 orang ASI saja, 27 orang ASI dan susu formula, dan 8 orang susu formula saja. Pada periode September, Grup 1 yang mendapatkan ASI saja sebanyak 50 orang, 19 orang ASI dan susu formula, 8 orang susu formula saja. Grup 2 pada bulan September 2019 masih dalam pemantauan.
Dengan Inovasi SEMERBAK yang relative mudah dan murah ternyata mampu meningkatkan pemahaman pengetahuan tentang ASI eksklusif dan meningkatnya pula kepercayaan masyarakat khususnya ibu – ibu menyusui terhadap RSUD Blambangan sehingga dapat meningkatkan kunjungan pasien yang secara otomatis income RSUD Blambangan pun juga bertambah.



BERITA TERKAIT: