Detail Berita

RSUD GELAR PERINGATAN HARI JANTUNG DENGAN SENAM JANTUNG SEHAT DAN TALK SHOW

By syamhadinata 27 Sep 2018, 11:17:39 WIB - Kategori: Berita


RSUD GELAR PERINGATAN HARI JANTUNG DENGAN SENAM JANTUNG SEHAT DAN TALK SHOW

Setiap tahunnya Hari Jantung Dunia diperingati setiap bulan September. Untuk memperingati Hari "Heart-Healthy Environment" atau "Lingkungan Sehat bagi Jantung" yang bertujuanuntuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler bagi individu, keluarga dan orang sekitar. Dalam rangka mengendalikan peningkatan kejadian penyakit, kematian dan kecacatan yangdisebabkan penyakit kardiovaskuler, perlu dilakukan upaya pencegahan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dengan mengenali gejala dan risiko penyakit kardiovaskuler sehingga dapat menentukan langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Peringatan Hari Jantung Sedunia Tahun 2018 yang diselenggarakan RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi pada hari Senin tanggal 24 September 2018 bertempat di Halaman Gedung Bhayangkara didukung oleh Jajaran Pejabat Struktural dan Direktur RSUD Blambangan dengan Narasumber dr. Nelly Mulyaningsih, Sp.JP, FIHA(K) selaku DPJP ICCU dan Julita Arjawati, A.Md selaku Ahli Gizi RSUD Blambangan diharap dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Banyuwangi dimana dapat mengetahui bagiamana pencegahan dan pengendalian penyakit jantung dengan cara yang sederhana dan mudah. Semakin dini upaya pencegahan yang dilakukan akan semakin kecil risiko mengalami penyakit jantung. Dalam pencegahan dan pengendalian penyakit PTM khususnya penyakit jantung dan pembuluh darah, ada 2 jargon penting yang dapat diingat dan dilakukan yaitu CERDIK dan SEHATI.

-       CERDIK adalah :

Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga dan beraktifitas fisik,Diet sehat dengan gizi seimbang, Istirahat yang cukup,

Kendalikan stress

-       SEHATI adalah :

Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi tekanan darah, Teratur berolahraga, Istirahat yang cukup (5-7 jam perhari)

Tema Peringatan Hari Jantung Sedunia tahun ini adalah : ''Sehat itu Keren" dengansasaran masyarakat Banyuwangi yakni Peserta Geronotologi Abiyoso Kabupaten Banyuwangi dan pasien Klinik Jantung RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi, juga dihadiri oleh Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Banyuwangi dan Ketua IDI Cabang Banyuwangi.



BERITA TERKAIT: