Detail Berita

Penuhi Asupan Gizi pada Ibu Hamil menurut Ahli Gizi RSUD Blambangan

By Virnanda Virgoriani 21 Jan 2020, 10:07:22 WIB - Kategori: Artikel


Penuhi Asupan Gizi pada Ibu Hamil menurut Ahli Gizi RSUD Blambangan

Keterangan Gambar : Salah Satu Ahli Gizi RSUD Blambangan (Widya Stefiarista, S.Gz) menjelaskan mengenai asupan yang dibutuhkan oleh Ibu Hamil.


BANYUWANGI- Bukan hal baru bahwa di RSUD Blambangan menyediakan konsultan gizi bagi masyarakat. Bukan hanya pada orang yang sedang sakit, masyarakat yang hanya ingin mengatur pola makanpun bisa dengan mudah berkonsultasi ke poli Gizi yang telah disediakan. Tidak terkecuali bagi Ibu hamil.

Pemenuhan gizi bagi ibu hamil merupakan hal yang sangat penting, hal ini disabakan apa yang dimakan oleh ibu akan sangat berpengaruh bagi perkembangan janin. Melalui wawancara yang dilakukan dengan salah satu ahli gizi RSUD Blambangan, Widya Stefiarista, S.Gz, yang juga telah diupload ke laman instagram RSUD Blambangan, diketahui bahwa konsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil merupakan makanan yang mampu mencukupi semua nutrisi baik bagi ibu maupun bagi janin. Makanan yang dimaksud adalah makanan-makanan yang mengandung serat, vitamin, juga nutrisi yang cukup bagi keduanya. Serta makanan yang mengandung kalsium untuk oembentukan tulang pada bayi, jika dari asupan makanan dari ibu kurang dikhawatirkan akan menyerap serat yang dibutuhkan oleh ibu. Untuk kadarnya sendiri biasanya disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

Kemudian, banyak ibu-ibu hamil yang salah menanggapi terkait dengan pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu dan janin. Biasanya sebagian besar ibu hamil akan berfikir bahwa makan dengan porsi double atau porsi yang 2 kali lipat dari biasanya akan menambah gizi bagi bayi. Hal ini tidak dibenarkan oleh Widya, makan dengan porsi yang 2 kali lipat dari porsi normal jelasnya akan terlalu berlebihan bagi janin karena janin yang masih sangat kecil jelas membutuhkan kebutuhan nutrisi dan kalori yang berbeda dsengan ibu. Jadi sebaiknya, dianjurkan untuk ibu yang sedang mengandung untuk makan sesuai dengan porsi biasanya, 3 kali sehari dengan 2 kali selingan, atau jika pada masa hamil disertai dengan rasa mual, bisa diganti dengan makan 5-6 kali makan dengan porsi sedikit, yang penting nutrisinya dipastikan mencukupi.

Dijelaskan pula mengenai makanan apa saja yang perlu dihindari bagi ibu hamil, makanan yang perlu dihindari meurut Widya, adalah makanan-makanan yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu. Setiap individu biasanya berbeda-beda, misalnya makanan yang banyak mengandung gas seperti nangka, ubi, singkong, untuk beberapa orang dapat menimbulkan keluhan kembung serta rasa tidak nyaman. Selain itu makanan yang terlalu pedas, juga makanan yang setengah matang. Makanan seperti seperti telur, ayam, ikan sebaiknya dimakan saat benar-benar sudah matang. Hal ini disebabkan karena bakteri yang ada didalam makanan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan janin.

Bagi ibu hamil yang mengalami keluhan atau memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan makanan atau asupan gizi apa saja yang diperlukan saat masa hamil, dianjurkan untuk segera menghubungi poli atau ahli gizi terdekat. (*)




BERITA TERKAIT: