Detail Berita

Lomba Inovasi Antar Ruangan di RSUD Blambangan Banyuwangi
Telah lahir 23 Inovasi Baru

By syamhadinata 01 Okt 2019, 10:01:22 WIB - Kategori: Berita


Lomba Inovasi Antar Ruangan di RSUD Blambangan Banyuwangi

Keterangan Gambar : Plt. Direktur (dr.Hj.Siti Asiyah Anggraeni, M.MRS) bersama Bapak Wakil Bupati (Yusuf Widyatmoko, S.Sos) dan perwakilan kepala ruangan dalam acara Lomba Inovasi.


Banyuwangi- Masih dalam rangka memperingati Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, RSUD Blambangan Banyuwangi masih terus mengadakan lomba. Sebagai gelombang ke 2 setelah sebelumnya diadakan lomba kebersihan yang bertajuk “Geber Kirap”, Sabtu (31/8) para karyawan RSUD Blambangan kembali mengikuti lomba inovasi dengan tema “Melejitkan Potensi dengan Mengenali Masalah”

Lomba Inovasi ini diikuti oleh seluruh ruangan dan instalasi yang ada di RSUD Blambangan Banyuwangi. Sebagai salah satu Rumah Sakit yang harus memberi pelayanan prima kepada masyarakat, RSUD Blambangan memang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya. Inovasi yang dilombakan pun bermacam-macam, namun secara keseluruhan bertujuan untuk memberikan ke-efisiensian bagi Rumah Sakit, terutama kemudahan bagi pasien. Tahap yang dilakukan oleh ruangan sebelum membuat inovasi adalah dengan mengenali masalah yang sering terjadi di ruangan, ataupun masalah-masalah yang dianggap menghambat kelancaran pemberian layanan kepada pasien, setelah masalah di identifikasi, karyawan diruangan berdiskusi untuk mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat inovasi-inovasi baru.

Tidak tanggung-tanggung, setidaknya ada 23 inovasi yang disetorkan oleh ruangan untuk dilombakan. Ditampilkan dengan semenarik dan semaksimal mungkin di depan para juri yang sengaja dihadirkan untuk menilai inovasi-inovasi yang sudah dibuat oleh para karyawan RSUD Blambangan Banyuwangi. Juri yang dihadirkan antara lain Hadi Kusairi, SKM. (Kapuskesmas Sempu sekaligus Inovator Asia Pasifik), Drs. H. Sunarto, M.Pd (Kabid Kesra Bappeda), dan Lusi Herawati, SE, M.Sc dari Bappeda. Selain itu, lomba ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, S.Sos yang turut memberikan sambutan saat lomba berlangsung.

Lomba inovasi berakhir pada pukul 15.00 dengan menghasilkan 3 inovasi terbaik dari yang paling baik. Lomba ini dimenangkan oleh Tim dari IPS RS dengan inovasi ‘Alu Flamboyan’ yang memanfaatkan mesin anestesi bekas sebagai alat ukur kesesuaian output flowmeter dinding, Tim IT & Vedika dengan inovasi ‘ASIAP’ sebagai system informasi analisa data dan purifikasi, dan yang terakhir adalah Tim Hemodialisa dengan inovasi ‘DIALISER’. Lomba ini diadakan dengan harapan para karyawan/karyawati dapat lebih semangat dalam menelurkan terobosan-terobosan baru demi memaksimalkan pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat. (*)




BERITA TERKAIT: