Detail Berita

Layanan Ruang Perinatologi RSUD Blambangan Banyuwangi

By Virnanda Virgoriani 24 Sep 2019, 07:45:34 WIB - Kategori: Berita


Layanan Ruang Perinatologi RSUD Blambangan Banyuwangi

Keterangan Gambar : Perawat Perinatologi melakukan pemeriksaan terhadap pasien bayi.


Banyuwangi- Layanan kesehatan merupakan sebuah layanan yang mutlak harus didapatkan oleh seluruh masyarakat, yang sudah seharusnya tidak memandang usia. Salah satu penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat adalah RSUD Blambangan. RSUD Blambangan menyediakan berbagai macam layanan kesehatan yang siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan. Klinik maupun ruangan rawat inap yang disediakan juga beragam, baik untuk bayi sampai lansia semua bisa merasakan layanan yang disediakan.

Ruang Perinatologi atau yang lebih akrab disebut sebagai ruang bayi merupakan salah satu ruang rawat inap yang dimiliki RSUD Blambangan. Ruangan ini merupakan ruang rawat inap bagi bayi yang membutuhkan perawatan khusus untuk usia 0 – 28 hari. Ruangan ini sendiri memberikan berbagai macam pelayananan terhadap bayi dengan resiko tinggi, misalnya seperti RDS (hyaline membrane disease), bayi premature, BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah), kelainan congenital, Asfiksia Neonatorum, Icterus Neonatorum, GE, Broncho Pneumonia, HDN (anemia), dan Sepsis.

Dalam masa perawatan, bayi dirawat dalam ruangan khusus dan tidak sembarang orang bisa masuk kecuali kondisi bayi darurat atau telah mendapat ijin dari perawat. Fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap, Ruang Perinatologi memberi fasilitas Incubator, Incubator Transport, Infant Warmer, CPAP, Syring Pump, Pasien Monitor, O2 Sentral, Vein Viewer (deteksi vena), Resusitasi Set, Fototherapi. Ruang Perinatologi juga dilengkapi dengan 1 laktasi yang disediakan khusus untuk ibu yang bayinya masih dalam masa perawatan di Ruang Perinatologi. Ruangan laktasi ini dibuat senyaman mungkin lengkap dengan kulkas untuk menyimpan cadangan ASI.

Sampai saat ini kendala yang ditemukan di ruangan menurut KaRu Perinatologi, Marini, S.Kep.Ns, adalah perawatan terhadap bayi tergolong rumit, hal ini dikarenakan organ dalam bayi belum terbentuk secara sempurna. Selain itu banyaknya kasus rujukan sehingga sering terjadi overload di dalam ruangan. Namun hal ini diakui tidak menjadi halangan bagi perawat ruangan untuk selalu memberikan perawatan semaksimal mungkin.




BERITA TERKAIT: