Detail Berita

Layanan Klinik Psikologi RSUD Blambangan

By Virnanda Virgoriani 07 Sep 2019, 07:31:04 WIB - Kategori: Berita


Layanan Klinik Psikologi RSUD Blambangan

Keterangan Gambar : Betty Kumala F, M.Psi, Psikolog dan Slamet Riyadi, S.Psi, Psikolog dan melakukan edukasi kesehatan psikologi kepada pasien di Klinik Psikologi


BANYUWANGI-Fasilitas pelayanan di RSUD Blambangan memang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah Klinik Psikologi. Karena Klinik Psikologi mempunyai perawat yang bersertifikat dan berpengalaman untuk menangani pasien dengan kondisi tertentu.

Perawat yang menangani di Klinik Psikologi adalah Betty Kumala F, M.Psi, Psikolog dan Slamet Riyadi, S.Psi, Psikolog. Klinik Psikologi melayani pemeriksaan untuk konsultasi psikolog, konseling psikolog, psikotest psikolog,tumbuh kembang anak, masalah remaja dan orang dewasa,dan test untuk penjurusan sekolah. Psikolog berkompeten untuk melakukan serentetan tes psikologi yang nantinya akan diinterpretasikan sebagai jawaban dari masalah yang dialami pasien, contohnya: tes IQ, minat bakat, tes kepribadian, penjurusan sekolah dan lain sebagainya. Seorang psikolog tidak dapat meresepkan obat-obatan namun fokus pada terapi psikososial untuk perilaku, pikiran, dan emosi pasien.

Tindakan awal yang dilakukan oleh perawat yaitu obeservasi kemudian wawancara. Selama ini pasien yang banyak ditangani oleh perawat Klinik Psikologi yaitu kenakalan remaja. Karena mereka pada usia remaja merupakan masa transisi masa kanak-kanak ke dewasa sehingga mereka perlu perhatian lebih. Mereka tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku nakal. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya, sehingga perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnyaPerawat Klinik Psikologi berharap dengan dengan adanya pelayanan yang lebih baik lagi, RSUD Blambangan bisa lebih exis lagi.(*)




BERITA TERKAIT: