Detail Berita

Layanan Dokter Spesialis Paru RSUD Blambangan

By Virnanda Virgoriani 03 Jul 2019, 07:52:01 WIB - Kategori: Berita


Layanan Dokter Spesialis Paru RSUD Blambangan

BANYUWANGI-Seiring perkembangan zaman, gaya hidup masyarakat juga semakin berkembang. Pola hidup yang tidak sehat pun semakin sering dilakukan dan dianggap sebagai hal yang biasa. Hal ini menyebabkan masyarakat semakin dekat dengan resiko-resiko penyakit yang bisa setiap saat menyerang tubuh. Untuk mengatisipasi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, RSUD Blambangan menyediakan berbagai macam pelayanan yang terbagi dalam poli-poli khusus untuk membantu masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan.

Salah satu poli yang siap melayani masyarakat adalah Poli Penyakit Paru (TB-Dots). Poli klinik ini bertugas untuk memberikan pelayanan terkait dengan pemeriksaan pasien rawat jalan, pemeriksaan fungsi vaal paru, TB, HIV, paru kronis, selain itu poli paru (TB-Dots) juga memberikan pelayanan yang memungkinkan bagi masyarakat untuk melakukan konsultasi. Ruangan yang disediakanpun sudah memenuhi standar ruangan bagi penanganan pasien, seperti misalnya ruangan dengan jendela terbuka, filter udara, dan tidak ber AC.

Salah satu kebiasaan tidak sehat yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat adalah merokok. Kebiasaan ini sudah dianggap sebagai hal yang sangat biasa dilakukan, yang tanpa disadari semakin mendekatkan perokok dengan resiko-resiko penyakit yang berkaitan dengan paru-paru. Penyakit paru adalah salah satu gangguan pernapasan yang paling sering ditemukan di dunia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya infeksi, genetik, risiko pekerjaan, atau karena kebiasaan merokok.

Dari wawancara yang dilakukan dengan dr. Dedy, selama ini hambatan yang sering dialami oleh pasien adalah kurangnya informasi mengenai gejala-gejala dini yang harusnya disadari. Selain itu keterbatasan transportasi bagi pasien-pasien yang berasal dari desa seringkali menyebabkan konsultasi maupun kontrol terhadap penyakit yang diderita menjadi terhambat dan terlambat. Seringkali pasien yang datang justru dengan kondisi yang sudah seharusnya ditangani dengan serius.

Menurut dr. Dedy Sasongko, Sp.P, banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru kita. Seperti misalnya menjaga pola hidup yang sehat, mengurangi atau jika memungkinkan, menghentikan kebiasaan merokok, melakukan kegiatan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, selain itu jika mulai merasakan gejala-gejala seperti batuk terus menerus, sesak, atau tubuh yang terus menerus terasa lemah, alangkah baiknya jika langsung melakukan konsultasi ke puskesmas terdekat, atau langsung menuju rumah sakit untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis. (*)




BERITA TERKAIT: