Detail Berita

Layanan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Blambangan oleh dr. I.G.A Kencana Wulan, Sp.KK

By Virnanda Virgoriani 23 Jul 2019, 08:59:42 WIB - Kategori: Berita


Layanan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Blambangan oleh dr. I.G.A Kencana Wulan, Sp.KK

Keterangan Gambar : dr. I.G.A Kencana Wulan, Sp. KK sedang menjelaskan hasil laboratorium kepada pasien.


Banyuwangi- Fasilitas Kesehatan yang disediakan oleh RSUD Blambangan memang sangat beragam. Mulai dari Poli Klinik, Radiologi, Laboratorium, CT-Scan, dan sederet fasilitas kesehatan lain yang khusus di sediakan oleh RSUD Blambangan untuk menunjang pelayanan yang akan diberikan pada pasien. Salah satu dari layanan yang disediakan oleh RSUD Blambangan adalah Poli Kulit dan Kelamin.

Poli Kulit dan Kelamin merupakan Poli yang memberikan pelayanan terkait keluhan pasien terkait dengan gangguan pada kulit dan kelamin, baik pria maupun wanita tanpa batasan usia. Pasien yang mendaftar pada poli ini akan ditangani langsung oleh dr. I.G.A Kencana Wulan, Sp.KK. Selain dokter yang sudah kompeten di bidangnya, ruangan yang disediakan juga nyaman, dan disertai dengan alat-alat canggih yang sudah lengkap. Layanan yang disediakan oleh Poli Kulit dan Kelamin juga beragam, seperti layanan konsultasi, anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (Laboratorium, Radiolgi, Punch Biopsi, Wood’s Lamp), serta tindakan (Ekskokleasi, Injeksi Keloid, Bedah Kimia, Bedah Listrik), termasuk pemeriksaan penyakit menular seksusal

Dari informasi yang didapatkan melalui wawancara langsung bersama dr. Wulan, banyak sekali kasus yang selama ini sudah ditangani di poli Kulit dan Kelamin, dan sampai saat ini belum ada kendala yang tidak bisa diatasi. Hal ini dikarenakan semua pasien sangat koorperatif saat melakukan pemeriksaan. Hanya saja, karena pegetahuan pasien yang kurang, seringkali penyakit-penyakit kulit atau kelamin ini terlambat ditangani. Kadang ada pasien yang datang ketika penyakit kulit sudah sangat parah sehingga sampai mempengaruhi organ dalam lainnya. Hal-hal seperti ini akhirnya menyebabkan pasien harus ditangani lebih serius.

Menurut dr. Wulan, edukasi tentang menjaga kesehatan kulit dan kelamin sangat penting, bukan hanya terhadap pasien yang terjangkit, tapi juga pada keluarga pasien. Maka dari itu, sebelum melakukan pemeriksaan, dr. I.G.A Kencana Wulan, Sp.KK selalu menyisipkan edukasi terkait baik sebelum pemeriksaan maupun setelah pemeriksaan dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar pasien tidak hanya mendapatkan pengobatan, namun juga mengerti mengapa mereka memerlukan penangan seperti itu. Selain itu, edukasi juga diberikan oleh dr. Wulan kepada keluarga pasien. Apalagi jika pasien mengalami penyakit kulit yang menular.

Dr. Wulan sendiri menghimbau agar masyarakat bisa lebih sadar dan menjaga kebersihan kulit dan kelamin, hal ini bisa meminimalir kemungkinan terjangkitnya masyarakat terhadap penyakit-penyakit kulit dan kelamin. Selain itu, jika sudah merasakan gejala yang membuat tidak nyaman agar segera di konsultasikan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. (*)




BERITA TERKAIT: