Detail Berita

Layanan Dokter Spesialis Konservasi Gigi RSUD Blambangan

By Virnanda Virgoriani 18 Mar 2019, 07:27:23 WIB - Kategori: Berita


Layanan Dokter Spesialis Konservasi Gigi RSUD Blambangan

RSUD Blambangan memiliki satu dokter spesialis konservasi gigi yakni drg. Ceples Dian KWP, Sp.KG. Dokter spesialis konservasi gigi atau biasa disebut Endodontis adalah mereka yang telah belajar secara khusus mengenai metode konservasi gigi. Jadi, dokter gigi spesialis konservasi atau endodontist adalah dokter gigi yang spesialisasinya merawat atau menyelamatkan gigi yang sudah rusak untuk dapat dipertahankan selama mungkin di dalam rongga mulut dan untuk dapat berfungsi kembali dengan baik.

Permasalahan pada gigi sangat beragam, dari yang ringan seperti gigi berlubang dan yang berat hingga perlu diambil tindakan pembedahan. Namun, tidak banyak pasien yang mengetahui bagaimana berobat gigi dengan baik dan tepat.

Pelayanan yang diberikan di poliklinik Spesialis Konservasi Gigi meliputi pemeriksaan, kontrol, konsultasi, Relief of pain, perawatan peradangan, pulp capping (perlindungan pulpa), perawatan saluran akar, retreatment, apeksifikasi.

        Ceples menjelaskan kasus yang banyak ditangani di RSUD Blambangan yaitu retreatment. Retreatment merupakan kegagalan perawatan saluran akar yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi ulang. Retreatment non-bedah merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk menangani infeksi ulang. Pada perawatan retreatment seluruh bahan pengisi saluran akar termasuk gutaperca dan sealer harus dihilangkan seluruhnya. Salah satu teknik untuk membersihkan sealer di dalam saluran akar adalah dengan menggunakan cairan irigasi dan aktivasi sonik.

        Harapan Ceples, nantinya poliklinik konservasi ini lebih banyak diketahui masyarakat, karena tidak sedikit pasien yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat gigi dengan baik, sehingga kebanyakan pasien datang dengan kondisi giginya yang sudah memiliki permasalahan berat.

Pasien tidak perlu khawatir, karena semua tindakan yang dilakukan tentunya aman, karena dokter dan perawat di RSUD Blambangan Banyuwangi telah mengantongi berbagai sertifikat kompetensi. Pelayanan konservasi gigi melayani pasien umum dan juga jaminan kesehatan



BERITA TERKAIT: