Detail Berita

Inovasi MEMENGAN dari Ruang Anak-Anak RSUD Blambangan Banyuwangi

By Virnanda Virgoriani 21 Jan 2020, 10:04:37 WIB - Kategori: Berita


Inovasi MEMENGAN dari Ruang Anak-Anak RSUD Blambangan Banyuwangi

BANYUWANGI- Fasilitas kesehatan merupakan fasilitas yang harus didapatkan oleh semua kalangan masyarakat. Tidak terbatas usia, fasilitas kesehatan merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh semua orang. Ruang Mas Alit atau yang lebih dikenal dengan Ruang Anak-Anak merupakan salah satu ruang rawat inap di RSUD Blambangan yang disediakan khusus bagi pasien anak-anak.

Karena system kekebalan tubuh yang masih tergolong belum cukup kuat, banyak anak-anak yang harus melakukan pemeriksaan atau perawatan di rumah sakit. Ruang Mas Alit mengelompokkan pasien anak-anak menurut penyakit mereka masing-masing. Nama yang dipilih juga menarik, seperti misalnya Winnie the pooh, Hello kitty, Donald duck, Angry bird, Shoun the sheep, dan Sponge bob. Rentan usia pasien biasanya antara usia 29 hari – 18 tahun.

Baru-baru ini, melalui lomba inovasi yang telah dilakukan pada bulan Agustus lalu, Ruang Mas Alit menghadirkan inovasi baru yang diberi nama MEMENGAN (MEngatasi Masalah Emosi aNak denGAn bermaiN). Hospitalisasi merupakan suatu proses yang karena suatu alasan yang berencana atau darurat, mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai pemulangannya kembali ke rumah.

Ketika anak-anak mengalami masalah kesehatan yang mengharuskan mereka untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit, biasanya akan menimbulkan semacam sikap penolakan, atau bahkan terkadang dapat menyebabkan stress bagi pasien anak-anak ini, yang paling sering terjadi adalah anak menjadi susah atau tidak mau makan sama sekali. Seringnya anak-anak mengalami perasaan cemas atau takut akan tindakan medis yang akan diberikan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Ruangan Mas Alit membuat inovasi MEMENGAN, dimana sebelum tindakan medis dilakukan anak-anak terlebih dahulu diajak bermain, tidak tanggung-tanggung, Ruangan Mas Alit menyediakan satu ruangan tersendiri yang disulap sebagai tempat bermain. Tujuannya adalah diharapkan agar bisa mengurangi stres terhadap perpisahan dengan keluarga, membuat anak menjadi lebih relaks, anak dapat beradaptasi dengan lingkungan baru (rumah sakit), anak mulai mengerti tentang prosedur medis adalah tidak untuk menyakiti dirinya, anak dapat mengekspresikan ide kreatif dan minat.

Permainan yang disediakan juga bukan sembarang permainan. Mainan-mainan yang disediakan merupakan mainan yang disesuaikan dengan usia pasien. Hal ini diperuntukkan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak, meningkatkan kemampuan kognitif anak, mengasah kemampuan imajinasi anak, mengasah kemampuan komunikasi dan sosial anak, meningkatkan kepemimpinan dan kemampuan memecahkan masalah.

Setelah dilaksanakan selama beberapa waktu kebelakang, inovasi ini dinilai cukup berhasil dan mempermudahkan tindakan medis bagi pasien anak-anak. Selain itu pasien juga tidak merasa stress sampai mengganggu pola makan mereka. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan pasien. (*)




BERITA TERKAIT: