Detail Berita

Hadirkan Layanan Kolonoskopi RSUD Blambangan Banyuwangi

By Virnanda Virgoriani 24 Sep 2019, 07:42:09 WIB - Kategori: Artikel


Hadirkan Layanan Kolonoskopi RSUD Blambangan Banyuwangi

Keterangan Gambar : Alat kolonoskopi RSUD Blambangan Banyuwangi


Banyuwangi- Saluran pencernaan merupakan suatu hal yang vital yang terdapat di dalam tubuh manusia yang sangat berkaitan dengan system pencernaan yang merupakan proses menerima makanan, mengubahnya menjadi energi dan menegeluarkan sisa proses tersebut. Namun, seperti bagian system lain di dalam tubuh, system pencernaan manusia juga tidak terhindar dari resiko penyakit. Kebiasaan tidak sehat, maupun bakteri dapat sewaktu-waktu menyerang system pencernaan kita.

Gangguan terhadap saluran pencernaan biasanya seringkali kali kita alami, namun disepelekan. Beberapa penyakit yang kerap terjadi tapi sering diabaikan oleh masyarakat adalah rasa mual/maag, perut kebung atau nyeri pada bagian perut secara terus menerus. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut RSUD Blambangan Banyuwangi kini menyediakan layanan kolonoskopi. Layanan ini ditangani langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam, dan berfungsi sebagai pemeriksaan kolon (usus besar) mulai dari anus, rectum, kolon desendens, kolon tranversum, kolon asendens sampai sekum dan ilium terminale. Selama kolonoskopi dilakukan, alat yang bernama kolonoskop yang berbentuk selang dengan tube kamera teleskop fleksibel yang halus dimasukkan melalui anus dan masuk kedalam menuju rectum dan usus besar.

Kolonoskopi biasanya dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan rutin untuk kanker rectum dan usus besar atau pada pasien yang memiliki riwayat polip pada rectum dan usus besar. ini juga dilakukan untuk mengevaluasi gejala masalah usus seperti kebiasaan perubahan buang air besar atau perdarahan.

Sebelum diputuskan untuk mendapat tindakan kolonoskopi, sebelumnya pasien harus dipriksa terlebih dahulu oleh dokter spesialis dalam. Kemudian sebelum tindakan juga terdapat beberapa prosedur yang harus dipenuhi oleh pasien untuk memperlancar tindakan kolonoskopi. Prosedur yang biasanya dilakukan adalah dengan cara membersihkan usus terlebih dahulu, biasanya dengan membatasi atau menghindari makanan tertentu, meminum obat pencahar agar usus benar-benar bersih dari kotoran sebelum dilakukan kolonoskopi. Hal ini bertujuan agar pada saat pemeriksaan, bagian yang dituju dapat terlihat dengan jelas tanpa tertutup sisa-sisa pencernaan. Saat tindakan dilakukan, pasien akan diberi obat penenang yang akan membantu pasien agar lebih rileks dalam proses pelaksanaan kolonoskopi. Layanan ini menjadi salah satu alternative bagi pasien yang mungkin masih merasa takut untuk menjalankan operasi. Layanan ini bisa berjalan lancer asalkan prosedur yang disarankan dokter dilakukan dengan benar oleh pasien yang akan mendapat tindakan.

Dengan adanya layanan ini, diharapkan pasien yang menderita penyakit yang berkaitan dengan masalah pencernaan diharapakan lebih cepat tanggap sehingga dapat segera memeriksakan kondisinya untuk mendapatkan tindakan penyembuhan sejak dini baik dengan layanan kolonoskopi, maupun tindakan lain yang dapat mempercepat proses penyembuhan.




BERITA TERKAIT: