Detail Berita

GERANG ASIN (GERAkan peNGambilan dArah pada paSIen traNfusi)

By nananghidayat 14 Sep 2021, 21:53:43 WIB - Kategori: Berita


GERANG ASIN (GERAkan peNGambilan dArah pada paSIen traNfusi)

BANYUWANGI - Inovasi “Gerang Asin” adalah Gerakan Pengambilan Darah pada Pasien Transfusi. Tim inovasi ruangan memberikan pilihan fasilitas pelayanan petugas khusus pengambil kantong darah kepada pasien yang mendapatkan terapi tranfusi, dengan demikian pasien dan keluarga terbantu dalam hal transportasi darah serta untuk mewujudkan peraturan mentri yang berlaku yang pada akhirnya akan meminimalkan keluhan pasien terhadap pelayanan keperawatan dan pelayanan rumah sakit sehingga terjalin kepercayaan pasien dan keluarga terhadap rumah sakit yang akan membawa dampak positif dan pertambahan pendapatan kepada pihak rumah sakit.

Dalam penerapan ide inovasi terdapat beberapa langkah yang ditempuh seperti mendapatkan persetujuan dari pihak pasien dan keluarga untuk memberikan kuasa kepada petugas khusus pengambil darah dengan melampirkan surat pernyataan yang ditanda-tangani oleh pasien atau keluarga dan pihak memberi pelayanan dalam hal ini adalah perawat ruangan. Setelah mendapat persetujuan tersebut petugas akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur SOP yang ada, dan tidak lupa untuk meminta pendapat dari pasien dan keluarga terkait kepuasan dari pelayanan yang didapatkan.

Terdapat banyak dampak positif yang didapatkan dari penerapan langkah inovasi ini terutama dalam hal peningkatan kualitas mutu pelayanan yang diberikan dengan penerapan ide ini pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan yang pada akhirnya juga akan meningkatkan tingkat kepuasan pasien dan keluarga terhadap ruangan dan rumah sakit serta meminimalkan keluhan yang ada, yang berpotensi terhadap citra buruk pelayanan rumah sakit. Selain itu dengan adanya petugas khusus ini diharapkan juga income terhadap rumah sakit bertambah melalui pendapatan yang didapat dari jasa atau biaya petugas.

Dengan adanya keterlibatan petugas khusus pengambil darah mutu pelayanan rumah sakit khususnya pelayanan keperawatan dapat meningkat sehingga tingkat kepercayaan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan serta visi utama dari rumah sakit dapat terwujud.



BERITA TERKAIT: