Detail Berita

E-GANDRUNG ( ELEKTRONIK GERAKAN ASUHAN NYATA PADA DISABILITAS, RESIKO TINGGI, USIA LANJUT, VETERAN P

By nananghidayat 13 Sep 2021, 11:04:31 WIB - Kategori: Berita


E-GANDRUNG ( ELEKTRONIK GERAKAN ASUHAN NYATA PADA DISABILITAS, RESIKO TINGGI, USIA LANJUT, VETERAN P

BANYUWANGI - Berbagai upaya dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya memberikan kemudahan pelayanan kesehatan di RSUD Blambangan. RSUD Blambangan mengeluarkan kartu sakti  tanpa antre yang diberi nama kartu E-Gandrung. Kartu ini diberikan kepada pasien dari kaum disabilitas, risiko tinggi seperti penderita penyakit jantung, kencing manis dan lainnya serta usia lanjut. Selain itu pasien dari kalangan veteran, pensiunan serta gravida atau pasien ibu hamil. E-Gandrung ini kependekan dari Elektronik Gerakan Asuhan Nyata Disabilitas, risiko tinggi, usia lanjut, Veteran Pensiun dan Gravida. Mereka ini adalah pasien yang membutuhkan perhatian lebih, kadang karena tenaga mereka jauh di bawah pasien lain mereka harus berada di barisan paling belakang. Dengan kartu ini hal tersebut tak akan terjadi lagi.

E-GANDRUNG Merupakan pembaharuan dari Inovasi GANDRUNG (Gerakan Asuhan Nyata pada Disabilitas, Resiko Tinggi, Usia Lanjut, VeteraN PensiunaN dan Gravida) merupakan inovasi untuk memberikan fasilitas layanan berupa bantuan transporter bagi pasien kategori GANDRUNG yang datang ke Rumah Sakit Blambangan, dan pemberian prioritas untuk dilayani terlebih dulu dari pasien yang lain karena kondisi/keterbatasan mereka. Kartu gandrung merupakan bukti implementasi dari Perda nomor 6 tahun2017 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas. Kartu Gandrung bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya dari setiap aspek sosial, kesehatan, hukum, ataupun ekonomi yang disediakan pemerintah daerah.

Pemilik kartu E-Gandrung bisa lebih cepat mendapatkan layanan kesehatan. Mereka akan mendapat layanan patas ketika berobat dan diprioritaskan. karena bebas antre setiap berobat ke RSUD Blambangan, para pemegang kartu E-Gandrung akan dilayani di loket khusus. Yakni loket 6. Saat baru datang,si pemegang kartu sakti akan disambut petugas khusus lengkap dengan kursi roda bagi yang tidak mampu berjalan.


fasilitas yang diberikan oleh kartu E-Gandrung diantaranya kegiatan promotif dan preventif. Pemegang kartu ini nantinya bisa diundang untuk dibekali materi tentang kesehatan. Selanjutnya bisa diisi dengan kegiatan seperti senam bersama dan lainnya. Pemilik kartu E-Gandrung bisa lebih cepat mendapatkan layanan kesehatan. Mereka akan mendapat layanan pantas ketika berobat dan diprioritaskan. Layanan lainnya, rumah sakit juga telah menyediakan petugas khusus untuk layanan ini. Pertama adalah petuga penyambutan. Mereka akan bertugas untuk mengantarkan pasien menuju ruang tunggu sampai ke klinik layanan atau lainnya. Selain itu juga disediakan loket khusus dan disediakan ruang tunggu khusus dengan warna khas, merah putih.Pada layanan ini pendaftar pun tidak perlu jauh datang datang ke rumah sakit. Cukup lewat nomor layanan yang terintegrasi dengan aplikasi whatsapp, maka nomer antrian sudah bisa diperoleh.



BERITA TERKAIT: