Detail Berita

APOTEKER ISUN ( Aplikasi Penggunaan Obat untuk Terapi Efektif Keamanan terjamin Efisisen Responsif

By nananghidayat 13 Sep 2021, 12:17:50 WIB - Kategori: Berita


APOTEKER ISUN  ( Aplikasi Penggunaan Obat untuk Terapi Efektif Keamanan terjamin Efisisen Responsif

BANYUWANGI – Aplikasi Edukasi Obat, Sebagai Apoteker Virtual yang siap membersamai pasien, menjaga keamanan penggunaan obat melalui Aplikasi yang dapat mengingatkan dan memberikan informasi yang dibutuhkan pasien terkait obat, untuk optimalisasi penyembuhan pasien. Aplikasi dapat diakses melalui Google Play dalam Aplikasi Induk untuk seluruh masyarakat Banyuwangi yaitu aplikasi SMART KAMPUNG. Aplikasi APOTEKER ISUN atau singkatan dari Aplikasi Penggunaan Obat untuk Terapi Efektif Keamanan terjamin Efisisen Responsif – Integrated System Unassailable merupakan Aplikasi untuk membantu pasien di RSUD Blambangan agar dapat meminum obat dengan tepat dan benar. Pasien Geriatri yang umumnya mendapat polifarmasi, seringkali kesulitan dalam penggunaan obatnya, baik saat mengingat waktu minum obat, memilah obat apa saja yang harus diminum pagi dan obat apa saja yang harus diminum siang, sebelum atau sesudah makan, boleh dengan makanan atau harus dengan air putih. Hal ini sangat merepotkan, terutama bagi pasien dengan penglihatan terganggu atau yang berpendidikan rendah. Tidak jarang terjadi kesalahan yang merugikan pasien, misalnya Furosemid yang harusnya diminum pagi, tetapi keliru diminum dimalam hari sehingga semalaman pasien tidak dapat beristirahat karena harus berulang kali ke kamar mandi.

Aplikasi APOTEKER-ISUN membantu pasien mengatasi masalah tersebut dengan alarm dan suara yang menyebutkan nama obat yang harus diminum tepat pada waktunya. Lebih dari itu APOTEKER-ISUN membantu pasien memperoleh informasi yang diperlukan untuk menunjang optimalitas terapi, karena pada aplikasi ini pasien dapat mengetahui cara kerja masing-masing obat yang diminumnya dan berkonsultasi langsung dengan apoteker bila ada permasalahan terkait obat.

APOTEKER-ISUN juga membantu pasien mendapatkan laporan perkembangan penyakitnya secara terus menerus sehingga pasien berkesempatan untuk mendapat terapi dengan outcome yang terbaik. Aplikasi APOTEKER-ISUN terintegrasi dengan SIM-RS dan tertanam pada aplikasi integral Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk Masyarakat bernama aplikasi SMART KAMPUNG. Melalui satu aplikasi ini setiap akun berbasis NIK masyarakat dapat mengakses layanan kependudukan, perijinan, layanan pajak, layanan pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan publik lainnya. APOTEKER-ISUN berada dibawah sub layanan kesehatan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Dengan mekanisme ini pasien dan masyarakat tidak perlu mendownload berbagai Aplikasi, cukup dengan satu Aplikasi yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan layanan publik elektronik dalam satu genggaman. Dengan adanya Aplikasi APOTEKER ISUN ini maka digitalisasi asuhan kefarmasian mempermudah dan meningkatkan ketepatan terapi obat terhadap pasien.




BERITA TERKAIT: